Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Monday, November 10, 2014

Pantangan Ibu Hamil

Unknown

Pantangan Ibu Hamil

Pantangan ibu hamil menjadi hal yang perlu Anda ketahui agar tidak menggangu aktivitas Anda selama masa kehamilan maupun mengganggu kesehatan Bayi Anda. Sebagian pantangan ibu hamil lahir dari sebuah mitos tanpa dasar jaman dahulu, biasanya ada beberapa mitos atau pantangan ibu hamil adat jawa. Ada juga pantangan ibu hamil menurut islam, menggunakan dasar dari perintah Allah dan sunnah rasul.

Berikut ini ada beberapa mitos yang umum dan berkembang di masyarakat sebagai pantangan ibu hamil. Diantaranya adalah :

Makan buah nanas akan mengakibatkan keguguran
Keguguran atau abortus adalah lepasnya embrio atau fetus dari dinding rahim. Penyebabnya bermacam-macam, seperti infeksi, kelainan kromosom, kanker rahim, sel telur yang tidak baik, serta gaya hidup yang kurang sehat. Sedangkan buah nanas mengandung zat bromelain yang bekerja mempengaruhi sintesis prostaglandin, yaitu hormon yang berperan dalam  proses anti-radang, menghambat pertumbuhan sel tumor dan memperlambat terjadinya pembekuan darah. Dari fakta kandungan yang terdapat pada buah nanas, buah nanas tidak dapat menyebabkan keguguran.

Menghilangkan mual dengan makan makanan yang asam
Mual disebabkan karena meningkatnya asam didalam lambung. Sedanngkan makanan asam merupakan jenis makanan yang iritatif terhadap lambung. Jadi, hal itu adalah tidak benar.

Selain dua hal diatas, pantangan ibu hamil berupa mitos yang beredar dimasyarakat adalah jangan mengkonsumsi jenis ikan karena akan menyebabkan bayi berbau amis. Ada pula makanan pantangan ibu hamil muda seperti jangan makan daging karena akan menyebabkan perut menjadi panas. Atau dibeberapa daerah di Indonesia sebagian mempercayai bahwa pantangan ibu hamil muda yaitu  jangan minum air es.

Lalu ada sebuah kepercayaan yang salah seputar info kesehatan ibu hamil, yaitu makan dengan porsi ganda karena ada 2 orang dalam 1 raga. Ini adalah pemahaman yang salah sehingga Anda wajib untuk mengetahuinya. (baca selengkapnya Makanan Sehat untuk Ibu Hamil)

Berikut ini makanan pantangan ibu hamil :


Makanan Mentah
Hindari makan makanan seperti sushi selama masa kehamilan. Untuk jenis sayuran, usahakan merebusnya terlebih dahulu agar pestisida atau bakteri yang menempel pada sayur mati dan tidak ikut dalam makanan yang akan Anda konsumsi.

Ikan yang mengandung Merkuri
Ikan yang mengandung merkuri tinggi adalah ikan mackerel, tilefish dan ikan todak. Merkuri dapat mengganggu perkembangan otak janin Anda sehingga ikan jenis ini wajib Anda hindari sebagai makanan terlarang untuk ibu hamil.

Usahakan pula Anda dapat mengatur kalori dalam makanan yang Anda konsumsi. Sesuaikan kebutuhan gizi Anda dan janin Anda agar kesehatan selama kehamilan terjaga.

Minuman pantangan ibu hamil
Minuman beralkohol dan minuman yang mengandung kafein. Tidak perlu penjelasan lebih lanjut mengapa alkohol dan kafein menjadi pantangan ibu hamil. Keduanya mengandung zat yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh Anda, terlebih apabila Anda sedang dalam proses kehamilan.

Menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat tidak hanya wajib bagi ibu hamil, tetapi untuk semua orang. Tetapi selama proses kehamilan, Anda perlu mengatahui berbagai macam pantangan ibu hamil dari segi agama maupun kesehatan sehingga tumbuh kembang janin Anda menjadi sempurna.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda