Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Friday, November 7, 2014

Khasiat dan Manfaat Daun Sirih untuk Perlindungan Alami

Unknown

manfaat daun sirih
Selama ini masyarakat mengenal manfaat daun sirih lebih untuk kunyahan atau ‘nginang’ terutama yang dilakukan para wanita pada jaman dulu. Dalam nginang, daun sirih dicampur dengan beberapa ramuan, seperti kapur sirih, gambir, dan pinang karena menginang bagi wanita tempo dulu mirip seperti merokok dan dipercaya mampu menguatkan gigi.

Daun sirih (Piper betle Linn) merupakan tanaman merambat yang masuk dalam keluarga Piperaceae yang memang dikenal sebagai tanaman obat. Kandungan utama yang terdapat dalam daun sirih diantaranya meliputi betIephenol atau minyak terbang, pati, zat gula, seskuiterpen, diatase, kavikol, serta zat samak. Zat-zat ini bersifat anti kuman, anti oksida, anti fungisida, serta anti jamur yang sangat berguna bagi kesehatan dan kecantikan tubuh.

Dengan berbagai kandungannya itulah khasiat dan manfaat daun sirih terutama untuk mengatasi gangguan pada saluran pencernaan, mengatasi perdarahan, menyembuhkan luka kulit, serta menghilangkan bau badan akibat bakteri dan cendawan.

Daun sirih juga banyak dimanfaatkan untuk menyembuhkan gatal alergi dan biduran, mengobati gusi berdarah, mengatasi gigi berlubang, mengobati keputihan, menyembuhkan penyakit siphilis, mengatasi diare, menyembuhkan penyakit jantung, serta mengatasi penyakit bronchitis.

Kandungan bahan aktif fenol dan kavikol dalam daun sirih juga berguna sebagai pestisida nabati dalam mengendalikan hama penghisap maupun untuk obat hidung berdarah (mimisan). Daun sirih juga baik untuk mengatasi dan mengobati penyakit batuk karena sifatnya yang mengerutkan maupun mengencerkan dan meluruhkan dahak.

Untuk mengambil manfaat daun sirih caranya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun sirih dan cuci hingga bersih. Setelah itu masak dengan air hingga tinggal setengahnya. Nah, air rebusan daun sirih inilah yang bisa digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit.


Untuk cara menggunakannya bisa dengan berkumur guna menyembuhkan gigi berlubang, gusi berdarah, ataupun sariawan. Rebusan sirih ini juga bermanfaat untuk membersihkan mata merah dengan cara merendam mata dalam air rebusan itu. Air rebusan ini juga bisa untuk membersihkan vagina dari bakteri dengan cara dicebokkan, ataupun untuk mandi guna mengatasi gatal dan jamur kulit.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda