Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Monday, November 10, 2014

Menu Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Unknown

makanan sehat untuk ibu hamil
Makanan sehat untuk ibu hamil berikut ini dapat Anda jadikan panduan untuk menjaga asupan gizi bagi Anda dan Bayi Anda selama proses kehamilan. Namun sebelum itu Anda perlu sedikit mengubah mindset Anda, bahwa ibu hamil perlu makanan yang lebih banyak karena diperuntukan untuk ibu dan anak. Yang benar Adalah bukan makanan yang lebih banyak, tetapi makanan yang lebih bergizi.

Jika Anda terbiasa membuat menu dalam mencukupi kebutuhan gizi tubuh Anda, tidak akan sulit untuk menentukan makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil. Pertumbuhan janin didalam rahim akan lebih baik jika Anda memberikan asupan gizi yang tepat oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengetahui periode masa tumbuh kembang janin.

Untuk membuat menu makanan sehat ibu hamil muda, Anda dapat mengikuti contoh menu makanan sehat untuk ibu hamil sesuai periode tumbuh kembang janin berikut ini :

Periode usia 1 – 3 bulan masa kehamilan
Pada umumnya kehamilan diketahui setelah 4 minggu (selengkapnya baca Tanda Kehamilan Minggu Pertama). Pada masa ini, janin masih berbentuk embrio dan berukuran seperti selasih. Pada periode 3 bulan awal masa kehamilan, makanan sehat untuk ibu hamil muda yang dapat Anda konsumsi adalah dengan memperbanyak makan makanan yang mengandung zat folic acid. Folic acid dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit spina bifida (tulang belakang tidak tertutup sempurna) pada bayi serta berfungsi untuk mempersiapkan rahim. Zat folic acid terdapat pada wortel, brokoli, jagung, kembang kol, kacang kedelai dan pada buah seperti alpukat, jeruk, jambu klutuk, serta sereal berbahan jagung atau gandum.

Periode usia 4 – 7 bulan masa kehamilan
Pada periode bulan ke-4 sampai 7, Anda dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, dan protein. Asam folat untuk ibu hamil bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kacang-kacangan serta buah alpukat. Sedangkan protein sebagai sumber zat yang membentuk sel-sel tubuh dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi telur.

Periode usia 8 – 9 bulan masa kehamilan
Makanan yang harus dikonsumsi oleh ibu hamil pada masa ini adalah dengan memperbanyak sayur dan buah-buahan. Karena semua zat dalam sayur dan buah-buahan yang Anda konsumsi dapat dirasakan langsung oleh bayi memalui cairan ketuban, sehingga ini akan membantu bayi Anda untuk mudah menerima berbagai macam rasa pada saat setelah lahirnya nanti.

Prinsip Makanan Sehat untuk Ibu Hamil


Pada dasarnya makanan yang dikonsumsi untuk semua orang, baik yang tidak hamil terlebih untuk ibu hamil haruslah mengandung 4 sehat 5 sempurna. Yaitu mengandung karbohidrat, misalnya nasi, roti, kentang, oatmeal, sayuran, buah-buahan, protein, misalnya : telur, ayam, sapi, temped an tahu serta produk susu, misalnya susu, yogurt dan keju.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, sebaiknya Anda menambahkan atau mengkonsumsi multivitamin untuk mencukupi kebutuhan vitamin untuk ibu hamil. Mengetahui perkembangan janin dan kebutuhannya dapat Anda pelajari dengan melihat kalender kehamilan. Sehingga Anda dapat menentukan dan memilih makanan sehat untuk ibu hamil agar tumbuh kembang Bayi Anda menjadi sempurna.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda