Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Saturday, November 8, 2014

Manfaat Pisang si Kuning Lonjong Penyuplai Energi

Unknown

manfaat pisang
Meskipun buah ini termasuk popular, namun manfaat pisang tampaknya belum banyak diketahui masyarakat. Rasanya yang manis padat membuat buah ini sering menjadi alternatif pengganjal perut kosong yang cukup efektif. Apalagi kandungan seratnya cukup tinggi sehingga memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Buah pisang (musa paradisiaca Linn) termasuk dalam keluarga musaceae dan memiliki jensi yang cukup banyak. Diantaranya kita mengenal jenis pisang ambon (grass michael), pisang badak (cavendish), pisang susu (lady finger), dan masih banyak lagi. Sedangkan kandungan nutrisi penting yang terdapat dalam buah pisang meliputi zat tepung, zat putih telur, mineral, vitamin, lemak, dan beberapa zat penting seperti sucrose, levulose, serta dextrose.

Manfaat pisang juga ditemukan dari kandungan tiga jenis gula alaminya, yaitu glukosa, sukrosa, fruktosa, dan serat. Kandungan inilah yang menjadikan pisang dikenal sebagai penyuplai energi yang mampu melakukan pembakaran hingga selama 90 menit secara terus menerus. Hal ini pula yang menjadikan pisang sebagai makanan super bagi para atlet dan untuk proses penyembuhan penyakit.

Ragam Manfaat Pisang Menurut Jenisnya

Selain dikenal sebagai buah yang kaya gizi, manfaat pisang juga diketahui dari khasiatnya sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut beberapa jenis buah pisang yang memiliki khasiat obat.
Pisang Emas – Jenis pisang ini sangat bermanfaat dalam mengatasi dan mengobati penyakit kuning. Cukup makan buah ini secara rutin agar cepat sembuh.
Pisang Kluthuk – Jenis buah ini sangat baik dimanfaatkan untuk meningkatkan gairah seksual dan menambah stamina. Untuk mengkonsumsinya campurkan pisang kluthuk yang sudah masak dengan 3 butir kuning telur ayam kampung mentah dan tambahkan sedikit gula merah dan madu serta minum sebelum tidur.
Pisang Kapur – Jenis buah ini yang paling baik adalah yang masih mentah atau hijau untuk mengobati penyakit diare. Bakar terlebih dahulu buah pisang kapur yang masih mentah lalu makan saat sakit agar diare cepat mampet dan sembuh.

Manfaat pisang lainnya adalah untuk mengatasi penyakit anemia, mengobati tekanan darah tinggi dan stroke, menormalkan pencernaan dan mengatasi sembelit, meredakan rasa mual pada wanita hamil yang sering dinamakan morning sickness, mengobati maag dan mengatasi luka usus (ulkus over-kronis) dan menetralisir iritasi dalam perut.

Selain itu kandungan tryptophan dalam buah pisang mampu memberikan rasa relaks, memperbaiki mood dan membuat bahagia sehingga menjadi obat depresi yang cukup efektif. Buah ini juga baik untuk meningkatkan konsentrasi belajar maupun mengurangi stress dan memperbaiki sistem saraf.

Dengan memperhatikan besarnya khasiat buah pisang dalam mengatasi dan mengobati berbagai jenis penyakit, sudah saat masyarakat untuk menjadikan buah pisang sebagai menu utamanya. Apalagi dengan rasanya yang manis dan enak, mengkonsumsinya secara rutin akan memberikan manfaat pisang secara lebih optimal baik untuk menjaga kesehatan maupun untuk mengobati penyakit tertentu.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda