Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Saturday, November 8, 2014

5 Manfaat Susu Kedelai Yang Tidak Ada Pada Susu Hewani

Unknown

manfaat susu kedelai
Tahukah anda bahwa manfaat susu kedelai ternyata jauh lebih baik dibandingkan susu hewani? Seperti kita tahu, masyarakat umumnya lebih memilih mengkonsumsi susu hewani, terutama susu sapi untuk memenuhi kebutuhan gizi anak-anaknya.

Susu juga belum menjadi minuman bergizi untuk semua kalangan dan semua usia karena seringkali menyebabkan sakit perut atau mules. Padahal susu merupakan minuman bergizi tinggi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan. Sudah saatnya masyarakat menjadikan susu sebagai minuman utama hariannya.

Namun dibandingkan susu sapi atau susu hewani lainnya, susu kacang kedelai mempunyai banyak manfaat dan keunggulan. Hal ini terutama disebabkan kandungan nutrisinya yang lebih lengkap, seperti protein, lemak nabati, karbohidrat, kandungan serat atau fiber, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, serta vitamin E. Bahkan kandungan mineralnya juga lengkap, seperti kalsium, polisakarida, isoflavon, serta kolesterol (baik yang HDL maupun LDL).

Nah, berikut ini 5 manfaat susu kedelai yang tidak ditemukan pada susu yang berasal dari hewan, yaitu:

1. Bau langu yang khas pada susu kedelai ternyata bersumber dari isoflavon, jenis flavanoid yang amat berguna untuk tubuh. Mengingat besarnya manfaat isoflavon, banyak ahli gizi yang menyarankan agar kita mengkonsumsi nutrisi kedelai ini sebanyak 50 hingga 100 mg setiap hari. Ada beragam  manfaat isoflavon ini, diantaranya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh, memperkuat tulang, mencegah kegemukan, mencegah penyakit ginjal, menstabilkan tekanan darah, menghilangkan lelah dan lesu, serta membantu meningkatkan daya kognitif otak, mengatasi rematik dan asam urat, mengurangi gejala stroke, menstabilkan kadar kolestrol maupun kadar gula darah, menekan gejala jantung koroner, menekan pertumbuhan sel kanker, serta menghambat penuaan sel.

2. Kandungan polisakarida dalam kacang kedelai berguna untuk menekan kadar glukosa dan trigliserida postpandrial, maupun menurunkan rasio insulin-glukosa postpandrial dan membantu mengendalikan kadar gula dalam darah sehingga berguna dalam membantu mengatasi penyakit diabetes mellitus.

3. Kandungan serat mucilage dan gum guar dalam susu kacang kedelai amat penting untuk menekan kolesterol dan mengurangi kadar gula dalam darah sehingga sangat penting bagi pengidap lemah jantung maupun penderita penyakit jantung.

4. Manfaat susu kedelai juga dapat membantu dalam melaksanakan program diet untuk menurunkan berat badan karena susu ini mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama dan tidak menyebabkan terjadinya kegemukan.

5. Selain rasanya yang enak dan tidak menimbulkan sakit perut, susu kacang kedelai juga sangat besar gunanya dalam menjaga kesehatan tubuh dan dapat dijadikan sebagai alternatif pengganti susu formula buatan pabrik yang belum tentu baik untuk jangka panjang.
Demikianlah keunggulan susu kacang kedelai dibandingkan susu hewani, baik yang dibuat dari sapi atau kambing. Apalagi jika kacang kedelai yang digunakan sebagai bahan bakunya diperoleh dari pertanian organik yang lebih menyehatkan, sehingga manfaat susu kedelai yang diperoleh juga akan lebih optimal.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda