Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Saturday, November 8, 2014

Inilah Manfaat Pepaya dan Daunnya yang Luar Biasa

Unknown

manfaat pepaya
Manfaat pepaya ternyata tidak hanya dari buahnya yang kaya gizi namun juga manfaat daun pepaya yang berkhasiat obat karena mengandung banyak zat aktif penting untuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit. Rasanya yang lezat membuat buah maupun daun pepaya tak hanya enak dikonsumsi saat masak, bahkan buah mentahnya pun nikmat dijadikan sayuran atau untuk rujak.

Pepaya (Carica pepaya L) merupakan tumbuhan yang berasal dari Meksiko dan banyak menyebar ke berbagai daerah tropis. Selain buah dan daunnya, hampir semua bagian tanaman pepaya memiliki manfaat untuk manusia. Bunga pepaya juga banyak dimanfaatkan masyarakat di berbagai daerah untuk dijadikan sebagai sayuran atau lalapan.

Begitu juga dengan getahnya diketahui mengandung enzim papain yang sangat berguna untuk melunakkan daging. Saat ini enzim papain telah diproduksi secara massal secara komersial untuk kebutuhan industri dan perdagangan. Karena itulah pohon pepaya kini tak ubahnya dengan pohon karet yang sering ditanam untuk disadap dan diambil getahnya.

Pepaya sangat kaya dengan kandungan gizi maupun bahan kimia aktif yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Dalam buah pepaya terdapat banyak zat penting bagi kesehatan tubuh, seperti B-karotene, pectin, 1-arabinosa, papain, fitokinase, d-galaktosa, maupun papayotimin papain.

Begitu juga pada daun pepaya terdapat kandungan enzym papain, alkaloid karpaina, glikosid, karposid, pseudo-karpaina, dekstrosa, levulosa, serta sakarosa. Manfaat daun pepaya juga berkhasiat obat dan banyak digunakan masyarakat dalam pengobatan tradisional terutama sebagai peluruh haid maupun menambah nafsu makan.

Sedangkan pada bijinya terdapat unsur papain, glutamin, siklotransferase, kemokapain, lipase, dan lisosim yang sangat berguna sebagai peluruh haid maupun untuk mengatasi cacingan. Untuk khasiat akarnya terutama untuk menguatkan lambung, peluruh kencing, mengibati cacingan, serta untuk merangsang proses regeerasi kulit agar selalu kencang dan mulus.

Selain rasanya yang manis, manfaat pepaya juga pada buahnya yang telahmasak dimana sangat berkhasiat untuk menguatkan lambung, bersifat anti scorbut, meluruhkan empedu, serta dapat memacu enzym pencernaan. Sedangkan pada buah pepaya yang mengkal berguna dalam melancarkan ASI, abortivum, sebagai pencahar ringan (laxative), dan untuk peluruh kencing (diuretikum).

Resep Praktis Mengambil Manfaat Pepaya

Beberapa resep praktis yang dapat dibuat untuk mengambil manfaat pepaya maupun manfaat daun pepaya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Sembelit dan Sakit Maag: ambil buah pepaya yang telah masak lalu kupas dan potong-potong serta tambahkan sedikit garam sedikit untuk dimakan setelah makan nasi.

2. Mengobati Malaria: ambil daun pepaya secukupnya lalu tumbuk hingga halus dan campur dengan air masak secangkir, saring, ditambah garam sedikit dan kemudian minum sebanyak 3 kali sehari.

3. Mengobati Radang Ginjal, Batu Ginjal Dan Sakit Kandung Kemih: ambil akar pepaya sekitar 3 jari lalu cuci bersih dan dipotong-potong untuk direbus dengan 5 gelas air bersih hingga tinggal separonya. Setelah dingin disaring dan tambahkan madu sedikit dan minum untuk 3 kali.

4. Untuk Melancarkan ASI: ambil manfaat daun pepaya dengan diremas dan dilayukan diatas api kemudian dalam kondisi masih hangat tempekan di sekitar payudara.

5. Menambah Nafsu Makan : ambil daun pepaya yang agak muda lalu dicuci bersih lalu ditumbuk halus dan tambahkan secangkir air masak dan satu sendok makan madu kemudian diperas, disaring dan minum. Lakukan 2 hingga 3 kali untuk mendapatkan hasil yang optimal dari manfaat pepaya ini.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda