Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Monday, November 10, 2014

Inilah 5 Manfaat Nanas Yang Perlu Anda Tahu

manfaat nanas

Alpha Herbal - Tahukah anda apa saja manfaat nanas untuk kesehatan tubuh? Buah yang memiliki kulit buah agak tajam dengan daun berduri ini umumnya dijauhi para wanita. Para wanita umumnya menolak mengkonsumsi buah ini karena dinilai bisa menyebabkan keguguran saat hamil maupun mendorong terjadinya keputihan.

Buah nanas memiliki daging buah yang tebal dan warna kekuningan dengan rasa masam manis yang memang cukup tajam. Selain lezat dikonsumsi langsung dalam bentuk segar, buah ini juga enak dijadikan sebagai es buah dan juga banyak diolah menjadi berbagai produk olahan, seperti selai, produk manisan, sirup, dan berbagai produk olahan lainnya.

Buah ini diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh sehingga manfaat nanas untuk menjaga kesehatan tubuh juga tidak kecil. Dalam setiap 100 gram buah nanas terkandung banyak nutrisi penting yang meliputi kandungan energinya sebanyak 50 kal, protein 0,4 mg, karbohidrat 13 gram, serta kandungan lemak sebesar 0,2 gram.

Untuk kandungan mineralnya terdiri dari kalsium sebanyak 19 mg, fosfor sebesar 9 mg, zat besi (0,2 mg), niasin (0,2 gr), dan kandungan serat (0,4 gr). Sedangkan kandungan vitaminnya mencakup vitamin A sebanyak 20 RE, vitamin C sebanyak 20 mg, serta vitamin B1 0,08 mg dan B2 sebanyak 0,04 mg.

Beberapa manfaat nanas lainnya yang perlu diketahui meliputi:


1. Kandungan vitamin A dan C dalam buah nanas yang cukup tinggi berfungsi sebagai anti oksidan guna mengatasi maupun menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

2. Kandungan serat dan air dalam buah nanas bermanfaat untuk membantu proses penyerapan gizi dalam tubuh, melancarkan proses pencernaan, maupun untuk menyembuhkan wasir.

3. Kandungan bromelin dan peroksidase dalam buah nanas merupakan enzim kompleks yang bersifat anti oksidan dan anti radang. Fungsinya selain untuk menormalkan asam lambung, enzim ini juga penting untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mencegah penggumpalan darah dan mengatasi penyakit jantung.

4. Enzim bromelin dan peroksidase dalam nanas juga berguna dalam membantu proses penyerapan protein pada makanan seperti daging atau susu untuk memudahkan tubuh dalam menyerapnya. Kandungan ini berfungsi pula untuk menjaga atau menormalkan tingginya kadar gula dalam buah nanas sehingga aman dikonsumsi tubuh, termasuk oleh penderita diabetes.

5. Manfaat nanas yang lainnya adalah untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan, meringankan stress dan tekanan mental, serta untuk mengatasi masalah penuaan dini.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda