Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Monday, November 10, 2014

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung


Memiliki jantung yang sehat akan membuat tubuh semakin kuat salam melakukan semua aktivitas yang dilakukan. Untuk menjaga kesehatan jantung, banyak hal yang harus anda lakukan.Penyebab penyakit jantung bersarang dalam tubuh adalah karena kurangnya kegiatan fisik, kebiasaan merokok dan makanan yang tidak seimbang. Stress akan meningkatkan tekanan dalam darah dan beresiko pada penggumpalan darah serta tubuh akan melepaskan hormon kortisol.

Langkah – Langkah Menjaga Kesehatan Jantung:


1. Berjemur
Sinar matahari kaya akan kandungan vitamin D. Vitamin D tersebut mampu meminimalisasikanterbentukanya plak pada pembuluh darah kecil atau arteri. Berjemur bisa dilakukan di pagi hari sebelum jam 10. Berjemur minimaldilakukan selama 20 sampai 30 menit.

2. Olahraga
Agar jantung selalu dalam kondisi prima, lakukanlah olahraga secara teratur.Olah raga yang bisa anda lakukan sehari – hari bisa membantu menurunkan resiko terserang penyakit jantung.Lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat, joging, berenang ataupun bersepeda.Olah raga ringan tersebut mampu menjaga kesehatan jantung anda. Olahraga ringan bisa anda lakukan minimal 2,5 jam dalam seminggu. Dengan demikian anda bisa memotong sepertiga resiko mengalami serangan jantung dan stroke.
Aktivitas olahraga juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. Gerakan lambat yang anda lakukan akan membentuk posisi yang santai. Posisi tersebut akan merangsang jaringan penghubung yang dilewati oleh energi dan menjadikan organ jantung dapat berfungsi secara maksimal.

3. Konsumsi Coklat
Coklat sering kali dihindari oleh kebanyakan orang karena dipercaya dapat menyebabkan kegemukan.Tetapi sebenarnya manfaat dari coklat untuk menjaga kesehatan jantung sangatlah banyak. Coklat mengandung flavonoid dan magnesium yang akan membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.
Selain itu, coklat juga mengandung asam stearate (salah satu lemak yang bersifat ramah jantung). Coklat juga bersifat sebagai antioksidan yang mampu menghalangi radikal bebas yang akan merusak dinding pembuluh darah kecil. Coklat yang sebaiknya anda konsumsi adalah coklat yang mengandung lebih dari 70% cocoa, sehingga anda akan mendapatkan manfaatnya.

4. Tertawa
Tertawa akan menurunkan hormon stress. Stress merupakan perusak lapisan pelindung arteri. Jika anda stress, maka jantung akan menerima adrenalin dalam dosis yang sangat besar. Dosis yang berlebihan tersebut akan menyebabkan irama degup jantung menjadi tidak normal. Trombosit juga akan menjadi lengket dan pada akhirnya akan terjadi penyempitan pembuluh arteri.
Seseorang yang mengalami depresi harus sesegera mungkin mendapatkan pengobatan karena dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

5. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi
Menurut penelitian, bakteri yang bisa masuk ke dalam pembuluh darah melali gusi yang tidak sehat. Gigi yang tidak sehat akan menyebabkan terjadinya peradangan yang akan mengakibatkan rusaknya lapisan pembuluh darah kecil. Sikatlahgigi anda minimal dua kali sehari dan sering kunjungi dokter gigi untuk mengecek kesehatan mulut dan gigi.

6. Tahan Amarah dan Jangan Pendam Sakit Hati
Rasa marah yang dibiarkan berlarut – larut dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, menggumpalnya pembuluh darah dan jantung berdetak tidak normal.Jika rasa marah mulai menghinggapi anda, coba menghitung dari 1 sampai 10.Setelah itu tarik nafas dalam – dalam.
Tekanan batin yang disebabkan oleh emosi dan patah hati yang dipendam dapat mengakibatkan tersumbatnya pembuluh darah pada jantung yang efeknya adalah menyebabkan jantung menjadi tidak sehat.Selain emosi karena patah hati, penyebab tersumbatnya pembuluh darah pada jantung yaitu karena terlalu bersedih dan memendam rasa bermusuhan.

Cukup mudah bukan cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan jantung?.Oleh sebab itu dari sekarang mulailah melakukan kegiatan – kegiatan yang mampu menjaga kesehatan jantung.


0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda