Informasi Kesehatan, Kecantikan dan Gaya Hidup Semua Dikupas Secara Herbal

Saturday, November 8, 2014

9 Manfaat Air Kelapa Muda agar Sehat dan Cantik

manfaat air kelapa
Banyak sekali manfaat air kelapa yang bisa diambil, baik untuk menjaga kesehatan maupun untuk perawatan kecantikan tubuh. Rasanya yang nikmat menyegarkan sangat cocok dijadikan minuman es. Apalagi es kelapa muda yang khas berasal dari Indonesia kabarnya pernah menjadi salah satu dari 50 minuman paling enak di dunia versi CNN.

Air kelapa yang banyak diambil manfaatnya adalah dari kelapa yang masih muda, terutama untuk dijadikan sebagai minuman es air kelapa muda atau air degan yang nikmat dan menyegarkan. Sedangkan untuk buah kelapa yang sudah tua, airnya umumnya dimanfaatkan untuk dijadikan nata de coco.

Kelapa hijau yang masih muda memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan buah kelapa yang sudah tua. Nutrisi yang terdapat dalam buah kelapa muda meliputi protein, karbohidrat, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, fosfor, maupun vitamin C yang cukup tinggi. 

Beragam Manfaat Air Kelapa Muda

Manfaat air kelapa muda juga besar karena banyaknya kandungan mineral, seperti asam nikotonat, asam folat, asam pantotenat, biotin, serta riboflavin. Air degan juga mengandung berbagai jenis asam amino seperti arginin, alin, alanin, serin, sistin maupun kandungan gula glukosa, sukrosa, fruktosa, sorbitol, serta inositol.
Sedangkan menyangkut khasiat dan manfaat air kelapa muda dalam menjaga kesehatanmaupun untuk perawatan kecantikan adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan Dahaga dan Pengganti Cairan Tubuh – Selain menyegarkan dan mampu menghilangkan dahaga, elektrolit alami dalam air degan juga berkhasiat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang setelah beraktivitas atau berolahraga. Bahkan untuk keadaan darurat, air kelapa muda banyak dimanfaatkan tentara atupun kalangan militer sebagai pengganti infus untuk mengatasi hilangnya cairan tubuh.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan – Kandungan lemak rendah maupun rendah kalori maupun asam laurat dalam air kelapa sangat membantu dalam mencegah peradangan sekaligus mengatasi gangguan saluran pencernaan maupun mengobati diare, sakit perut, maupun disentri.

3. Menetralisir dan Membersihkan Racun – Kandungan enzim bioaktif dalam air kelapa juga baik untuk meredakan rasa lelah, meningkatkan metabolism, serta mengatasi dan membuang racun yangmasuk ke dalam tubuh.

4. Mengobati Penyakit DBD – Manfaat air kelapa muda juga dari fungsinya dalam menggenjot jumlah trombosit bagi penderita demam berdarah dengue (DBD) maupun untuk menurunkan demam.
5. Berfungsi Sebagai Diuretik - Air kelapa muda juga bermanfaat dalam melancarkan air seni, mengatasi dehidrasi, dan mengobati cacing pada anak-anak.

6. Membersihkan Tenggorokan dan Memerdukan Suara – Mengkonsumsi secara rutin air kelapa muda juga efektif untuk membersihkan tenggorokan dan membuat suara menjadi lebih bersih. Air danbuah kelapa muda juga banyak digunakan dalam pengobatan gurah.

7. Mengobati Luka dan Menghaluskan Kaki – Dengan mengoleskan air kelapa muda yang dicampur sedikit tumbukan beras mampu mengobati luka, penyakit eksim, menghaluskan telapak kaki yang pecah-pecah maupun kaki yang kasar.

8. Sangat Baik untuk Ibu Hamil – Meminum air kelapa muda pada trimester ketiga kehamilan akan membantu meningkatkan kualitas bayi yang dilahirkan, terutama kulit bayi akan lebih bersih, rambut tebal, dan mata yang lebih bersinar.

9. Menyehatkan Rambut dan Kulit – Zat aktif dalam air kelapa muda juga berkhasiat dalam merangsang pertumbuhan dan menyehatkan rambut, mengatasi kulit kering, menghilangkan kerutan maupun noda hitam pada wajah, membuat kulit lebih halus, maupun untuk membersihkan wajah dan membuatnya terlihat lebih bercahaya dan lebih cantik. Manfaat air kelapa muda ini bisa diambil baik dengan cara meminumnya maupun untuk mencuci muka.

0 komentar:

Post a Comment

 

Obat Alternatif

Tips Menghilangkan Jerawat Tanpa Obat

Gaya Hidup Sehat

Perbaiki, mulai sekarang waktu tidur anda